The Best Stories And Sciens Was Here...!!!

Belajar membuat kandang ayam ( HOT JOB )

Untuk sekarang ini saya akan sharing tentang pembangunan kandang ayam broiler. Banyak faktor yang mempengaruhi bentuk bangunan kandang, diantaranya yang perlu diperhatikan adalah :

1. Bahan baku yang tersedia.
Bahan baku yang sering digunakan untuk membangun kandang yaitu bambu, kayu atau corcoran semen. Bahan baku sangat berpengaruh terhadap umur kandang. Dengan menggunakan bahan baku bambu tentu saja lebih murah tetapi umur kandang biasanya hanya bertahan antara 3-5 tahun. Bangunan yang dari kayu umurnya antara 5-7 tahun dan yang dari semen bisa bertahan 10 tahun atau lebih dan semua tergantung dari cara perawatan bangunan kandang.

2. Posisi sinar matahari.
Sinar matahari sangat berpengaruh terhadap suhu didalam kandang maka sebisa mungkin sinar matahari tidak masuk kedalam kandang dengan cara bangunan kandang dibuat sejajar dengan arah matahari terbit dan tenggelam. Jadi kandang sebaiknya membujur barat-timur.

Bentuk dan ukuran kandang.

Yang akan saya jelaskan berikut ini adalah bentuk dan ukuran kandang standar yang umumnya digunakan oleh peternak didaerah Jawa Tengah, hanya buat patokan saja dan bisa diubah disesuaikan dengan lokasi dan kondisi lingkungan kandang.

Kepadatan kandang untuk bobot panen 1.5 kg biasanya saat ayam umur 31-34 hari adalah 10 ekor/m2. Jadi misalnya mau melihara ayam 5000 ekor maka luas kandangnya 500 m2 (10 m x 50 m)

Contoh sketsa bangunan dan ukuran kandang seperti gambar dibawah ini (klik gambar untuk resolusi tinggi):










Contoh bangunan kandang dari bambu.







Contoh bangunan kandang dari kayu.





Contoh bangunan kandang dari coran semen.







Izin Hiatus

Saat kita menimba ilmu dari dasar sampai kuliah, kita selalu memegang idealisme tinggi. Tetapi setelah kita lepas dari semua itu, kita harus mandiri, kita harus berbaur dan menjadi bagian dari masyarakat, merantau dan jauh dari sanak saudara, idealisme seakan luntur dan turun jauh sekali sampai didasar kaki. Yah, itulah kehidupan yang memang mengalir mengikuti apa yang sudah digariskan oleh-Nya.

Walau hanya didunia maya, saya sudah merasa menjadi bagian dari keluarga besar sahabat-sahabat blogger semuanya. Selalu ada rasa rindu jika sehari saja tidak berkunjung, tidak bertegur sapa, walaupun sebenarnya didunia nyata kita tidak pernah saling bertatap muka. Seperti kata pepatah, jauh dimata namun dekat dihati.

Saat ini saya masih ada sesuatu yang harus diselesaikan. Kalau kita merasa dunia ini kejam, memang begitulah keadaannya. Kadang kita harus mengalah untuk meredam sesuatu yang memanas, kadang juga kita harus maju berperang untuk mempertahankan harga diri yang diinjak orang. Karena hidup adalah pilihan dan melalui semua rintangan kita akan menjadi pemenang.

Maafkan saya jika pernah ada kata yang tidak bermakna dan melukai hati sahabat semuanya. Maksud hati hanya bercanda, tapi apalah arti jika menjadi luka, yang dapat saya pastikan bahwa semua itu tidaklah saya sengaja. Setiap pertemuan pasti ada perpisahan, walaupun hanya sementara izinkan saya undur diri.

----oo00oo----


Eh balik lagi.... kok pada sedih semua hahahhaa...., maaf ya sob, memang lagi ada yang mau dirampungkan dulu. Saya izin hiatus untuk sementara. Saya sungguh-sungguh minta maaf jika pernah ada kata yang salah, terutama buat Una yang sering saya senggol dipostingan saya. Kulo nyuwun ngapuro njih Un :D. Untuk teman-teman semua, saya undur diri. Doakan semoga segala urusan saya bisa selesai dan bisa kembali berkumpul dengan sahabat-sahabat semuanya. Terima kasih sebelumnya untuk doanya :).
Tag : INFO
Back To Top